Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Flashdisk lengkap beserta gambar dan penjelasannya - Ajp03.com

Ajp03.com

Berbagi Ilmu bermanfaat

Friday, July 15, 2016

Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Flashdisk lengkap beserta gambar dan penjelasannya

Haiii,, Halooooo, saya akan share ilmu tentang Cara Install Ulang Windows 7 Lengkap+Gambar, dalam hal install windows ini masih banyak yang tidak mengetahui caranya, tapi kalau bagi siswa SMK yang mengambil jurusan komputer rata-rata bisa menginstall ulang komputer/laptop nya sendiri, bagi kamu yang belum bisa, ayo ikuti langkah2 menginstall ulang windows 7 dibawah ini. gampang kok :D

Jangan lupa juga copy file penting yang di Local C ke Local D, karena saat kita format, file yang di desktop, my document dan download akan hilang , karena termasuk dalam Local C.

Sebelum kita menginstal ulang windows pastikan Flashdisk telah terisi windows yaitu dengan cara Menggunakan Rufus

Pertama - tama kita ssetting bios jadikan flashdisk sebagai bootable pertama .

Jika sudah, akan ada tulisan Press Any Key To Continue, Enter aja.


Setelah sukses maka tampilan yang muncul akan seperti dibawah ini, oke sekarang kita mulai install Windows 10 ke PC / Laptop


Kalian klik tombol Next



Pilih Install Now dan tunggu beberapa detik.






Jika muncul pesan yang mengharuskan memasukkan Product Key seperti dibawah, jangan masukkan Product Key apapun ! Klik saja tombol SKIP yang ada disamping kiri tombol NEXT


Note : Lain cerita kalau kalian punya product key Windows 10, bisa langsung dimasukkan.



Nah, kalau kalian menggunkaan file ISO Windows 10 Multiple Edition, kalian akan menemukan tampilan seperti dibawah ini, karena Windows 10 Multiple Edition berisi 2 versi Windows 10 dalam 1 installer. 

Saya rekomendasikan pilih Windows 10 Pro saja dan klik Next.




Klik I Accept.... dan Next.



Oke, disini langkah yang penting, apabila kalian masih pemula, wajib didampingi orang yang sudah mengerti agar tidak kehilangan data !

Pilih Custom Install Windows Only ( Advanced ).



Ambil contoh saya memiliki hardisk dengan ukuran 60 GB dan tidak ingin memecahnya menjadi 2. Maka saya bisa langsung Next saja.


Namun, saya tetap merekomendasikan untuk membagi ukuran hardisk menjadi 2 partisi ( bagian ). Satu berisi Windows dan satu lagi nantinya digunakan untuk menyimpan data serta file.


Contohnya lagi begini, hardisk yang akan saya pecah nanti akan saya bagi menjadi 2 partisi / 2 bagian. Yang satu partisi berukuran 20 GB berisi Windows dan sisanya 40 GB akan digunakan tempat menaruh file.

Cara memecahnya adalah, kalian klik New --> masukkan ukuran yang diinginkan ( Minimal 20 GB atau 20.000 MB untuk Windows 10 ) --> lalu klik Apply.




Setelah klik Apply, Windows akan memberitahu kita bahwa Windows akan membuat partisi System Reserved, klik saja Ok


Sehingga nantinya partisi yang sudah dipecah menjadi seperti dibawah ini 


Ukuran 20 GB diatas nantinya akan menentukan ukuran partisi yang berisi Windows. Biasanya dikenal dengan istilah partisi C:\

Setelah dipecah, kalian pasti melihat ada partisi Sisa berukuran 40 GB diatas. Karena kita akan menggunakan partisi 40 GB tersebut untuk menyimpan data, maka kita format terlebih dahulu, Caranya gampang, tinggal sorot pada partisi 40 GB tersebut --> Klik New --> Biarkan ukuran yang tersedia --> Apply.



Sehingga nantinya akan menjadi seperti ini setelah dipecah semua.



Ok, kembali lagi ke tahap installasi Windows. Setelah selesai dipecah ukuran hardisk yang mana saja buat Windows dan buat menyimpan data, sekarang sorot kembali partisi dengan ukuran 20 GB nanti tempat menyimpan data Windows. dan klik Next.


Jika sudah klik Next, yang perlu kalian lakukan hanyalah menunggu hingga proses installasi selesai. Biasanya memakan waktu kurang lebih 25 - 30 Menit.










Setelah selesai, Windows 10 akan restart PC dengan sendirinya. Pada proses ini kalian bisa mencabut FlashDisk atau mengeluarkan media installasi DVD Windows 10 dari laptop / PC.


Tunggu sebentar Windows 10 menyesuaikan dengan hardware kalian.



Jika kalian disuruh kembali memasukkan product key namun tidak memilikinya, tinggal klik saja Do This Later





Selanjutnya pilih I Own It.



Nah, apabila kalian tidak ingin mengkoneksikan Windows 10 dengan akun Microsoft Account, kalian tinggal pilih Skip This Step.


Setelah itu kalian akan disuruh membuat local account. Masukkan nama sesuai keinginan kalian. Kalau kalian tidak butuh password segala setelah memasukkan nama kalian klik Next.


Setelah itu klik User Express Settings.




Windows 10 akan kembali mengatur konfigurasi kedalam PC / Laptop kalian. Tunggu beberapa saat hingga nantinya kalian akan dibawah ke tampilan desktop Windows 10.










Proses instalasi selesai

MASALAH yang sering terjadi saat install adalah berhentinya proses install ataupun error, kemungkinan besar ini disebabkan oleh rusaknya File windows anda Crash , dan juga masalah pada Harddisk.

Apabila tidak mau ribet bisa menyewa  Jasa Instal Ulang Berpengalaman

Terimakasih telah membaca artikel Cara Instal Ulang Windows 7 lengkap dengan penjelasan dan gambar
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment